Kantor Kementerian Agama
Kabupaten Kotawaringin Timur


Diunggah hari Rabu tanggal 12-08-2020 17:47:38 WIB

Sejarah Singkat



 Kantor Kemenag Kab. Kotawaringin Timur

Kementerian Agama berdiri pada tanggal 03 Januari 1946 dengan perjalanan yang panjang serta adanya perkembangan penduduk dan umat beragama, maka pada tahun  1961 jajaran Kantor-Kantor dipindahkan ke Palangka Raya sebagai ibu Kota Propinsi Kalimantan Tengah yang sebelumnya Kabupaten Kotawaringin Timur telah ada Kantor Perwakilan Urusan Agama Kabupaten sebagai penghubung Kabupaten dengan Instansi Pemerintah kemudian pada tahun 1969 berubah menjadi Kantor Perwakilan Departemen Agama Tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur (sebagai penggabungan Kantor Perwakilan Urusan Agama, Inspeksi Pendidikan Agama dan Jawatan Penerangan Agama).

Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah berdiri pada tahun 1960, pada masa itu Kantor Instansi Departemen Agama Kabupaten sebagai “KANTOR PERWAKILAN URUSAN AGAMA KABUPATEN”, dengan Bpk.H.WAHIB SYARKAWI sebagai Kepala Kantor nya. Selanjutnya dengan berdasarkan Instruksi Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Tengah, maka terhitung mulai tanggal 1 Januari 1961, kedudukan Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah dipindahkan ke Palangka Raya. Dan Kantor Urusan Agama Provinsi Kalimantan Tengah dirubah menjadi “KANTOR PENDIDIKAN AGAMA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH”, yang kemudian dirubah lagi menjadi “KANTOR PENERANGAN AGAMA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH”.

Pada tahun 1962 Kantor Departemen Agama Kabupaten berubah menjadi “KANTOR JAWATAN PENERANGAN AGAMA KABUPATEN” yang berkedudukan di Sampit  jabatan kepala Kantor digantikan oleh bapak “ AKHMAD NURHASAN”, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantor Inspeksi Pendidikan Agama, pergantian tersebut dikarenakan Kepala Kantor sebelumnya; H. Wahib Syarkawi Memasuki pensiun.

Pada tahun 1969, Instansi Departemen Agama berubah nama menjadi “PERWAKILAN DEPARTEMEN AGAMA TINGKAT KABUPATEN” yang mewakili Kantor Urusan Agama, dengan Kepala Kantor masih dijabat oleh bapak AKHMAD NURHASAN”. Dengan tugas sebagai penghubung Departemen Agama dengan Pemerintah Pusat serta Pemerintah Daerah. Kemudian dengan berdasarkan Keputusan Presiden RI Tahun 1975 yang mengakui adanya sebuah Kantor Departemen Agama tingkat Provinsi dan Kabupaten, maka Perwakilan Departemen Agama tingkat Kabupaten dirubah menjadi “KANTOR DEPARTEMEN AGAMA KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR”.yang menjabat sebagai kepala adalah “H. N. SIRIN ILYAS” Yang kini berubah menjadi “KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR”, berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2010 Tentang “Perubahan penyebutan Departemen Agama Menjadi Kementerian Agama”.

Pada tahun 2008 Kantor Departemen Agama Kabupaten Kotawaringin Timur mendapatkan hibah tanah dari Pemerintah Daerah Kotawaringin Timur yang berlokasi di lingkar Utara (sekarang Jl. Ir. Soekarno) dan ditahun yang sama mulailah dibangun gedung Kantor Departemen Agama Kabupaten Kotawaringin Timur. Selanjutnya pada tahun 2014 mulai menempati Kantor yang baru tersebut oleh sebagian Seksi pada Kankemenag Kab. Kotawaringin Timur secara bertahap, tahap pertama yaitu Kepala Kantor, Seksi Pendidikan Madrasah, Seksi Pendidikan Agama Islam, Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Pengawas Pendidikan dan Penyuluh Agama (Katolik, Hindu dan Buddha). Kemudian dilanjutkan pada tahun 2016 untuk tahap kedua yaitu Sub Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi Bimas Islam, Penyelenggara Syariah dan Penyelenggara Kristen. Sedangkan untuk Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah tetap menempati Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Timur yang Lama Jalan Kapten Mulyono No. 25 Sampit, dikarenakan pada kantor yang baru belum tersedia jaringan kabel Internet dari telkom yang mana sangat diperlukan untuk melakukan pelayanan haji secara online melalui Aplikasi SISKOHAJ.



Telah Dibaca 435 kali,
Bagikan Halaman Ini