Sistem Informasi Manajemen
Bimas Buddha


LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Jum`at tanggal 11-09-2020 23:54:52 WIB

Bimas Buddha Kalteng Gelar Pembinaan Peserta Didik di Palangka Raya, Jumat (11/9).



Palangka Raya (Humas) Bimas Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan pembinaan peserta didik daerah Kota Palangka Raya di Hotel Putra Kahayan selama dua hari, 11 sampai 12 September 2020.

Ketua Panitia, Joko Santoso mengatakan, bahwa kegiatan ini pertamakalinya dilaksanakan selama masa pandemi Covid-19. Karena itu peserta hanya berjumlah 30 siswa beragama Buddha dari berbagai jenjang pendidikan yaitu siswa Sekolah Minggu Buddha (SMB), SD, SMP, dan SMA.

Sebelum melaksanakan kegiatan, panitia telah memberitahukan kepada Gugus Tugas Covid-19 Kota Palangka Raya dan telah dilakukan pengecekan tempat kegiatan oleh gugus tugas. Panitia juga telah menyiapkan perlengkapan pencegahan penularan virus Corona sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti face shield dan mengatur peserta agar tidak berkerumun.

"Peserta kegiatan diinapkan di hotel untuk mengurangi aktivitas bepergian di tengah pandemi Covid-19 ini," beber Joko.

Dalam sambutannya, Pembimas Buddha Partiyem menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan orang tua peserta kegiatan. Partiyem mengatakan pihaknya telah meminta ijin orang tua peserta kegiatan. Bahkan ada orang tua yang mengantar anaknya sampai kamar hotel.

Menurutnya ini merupakan kegiatan pertama Bimas Buddha yang melibatkan peserta anak-anak usia sekolah. Karena itu kegiatan ini sangat penting dalam membangun karakter dan pribadi generasi muda Buddha yang bermoral, bertoleransi, bekerjasama, dan bergotong royong sebagaimana tema kegiatan "Dengan Pembinaan, Kita Wujudkan Peserta Didik yang Berkualitas, Berkarakter, dan Produktif".

"Produktif disini terkait dengan pandemi Covid-19, misalnya jika peserta melihat temannya tidak mengindahkan protokol kesehatan, maka dirinya akan mengingatkan temannya," terang Partiyem.

Sementara Kakanwil Kemenag Kalteng H Masrawan mengingatkan peserta yang berasal dari kalangan pelajar untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Bahkan jika seandainya nanti daerah Palangka Raya masuk zona hijau dan dibolehkan pembelajaran tatap muka, ia mengingatkan agar tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Beberapa diantaranya kata Kakanwil, ialah bila keluar rumah memakai masker, menjaga jarak saat bermain, dan menjaga kebersihan.
"Biasakan cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir saat setelah bermain, belajar, dan aktifitas lainnya," beber Kakanwil memberikan contoh cara menjaga kebersihan.

Mengenai kegiatan pembinaan peserta didik, Kakanwil mengatakan ini menjadi salah satu tugas Kementerian Agama dalam rangka mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan berkarakter atau berperilaku baik. (Isp)



Berita Populer








Berita Terkait




Telah Dibaca 81 kali,
Bagikan Halaman Ini