Kantor Kementerian Agama
Kabupaten Sukamara



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Senin tanggal 29-11-2021 20:26:37 WIB

Pembinaan ASN Kemenag Sukamara, H. Noor Fahmi Sampaikan Ini



Sukamara (Humas) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah Dr. H. Noor Fahmi, M. Ag melakukan kunjungan kerja di Kemenag Kabupaten Sukamara, dalam rangka memberikan pembinaan kepada ASN di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Sukamara, Kamis (25/11).

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Tengah H. Noor Fahmi bersama ibu Hj. Siti Mariani Noor Fahmi, Kasubbag KUB & Ortala H. Ismail Marzuki dan rombongan. Sementara itu dalam acara penyambutan hadir Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sukamara H. Misbah beserta Ibu Hj. Atikah, Kasubbag Tu, Pejabat eselon IV, Kepala KUA, Kepala RA/Madrasah se Kabupaten Sukamara, ASN dan PPNPN bertempat di halaman Kantor Kemenag Kab. Sukamara, disambut dengan silat kuntau dan bela diri dari siswa siswi Madrasah Aliyah Negeri Sukamara.

Setelah acara penyambutan dilanjutkan dengan acara pembinaan ASN  yang  dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Sukamara. 

Dalam sambutannya Kepala Kemenag Kabupaten Sukamara H. Misbah melaporkan kondisi Kantor Kemenag Kabupaten Sukamara, perkembangan dan jumlah lembaga Pendidikan Agama dan Keagamaan, serta situasi dan kondisi terkini kehidupan agama dan keagamaan di Kabupaten Sukamara.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag dalam arahannya menyampaikan beberapa hal mulai dari Kode Etik sampai ke Kode Prilaku. 

ASN sebagai sebuah profesi, harus memiliki Kode Etik dan Kode Perilaku. Kode Etik dan Kode Perilaku adalah sebuah kerangka yang membangun rofesionalitas dari suatu pekerjaan. Profesional atau tidak profesionalnya seseorang dalam menjalankan pekerjaannya, diukur melalui penerapan Kode Etik dan Kode Perilaku dalam profesinya.

Secara umum ASN harus dapat melaksanakan segala peraturan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku khususnya yang berkenaan dengan kepegawaian, seperti UU nomor 5 tahun 2014 tentang ASN PP nomor 94 tahun 2021 tentang disiplin PNS, dan PMA no 12 tahun 2019 tentang kode etik dan kode prilaku pegawai aparatur sipil negara Kemenag, pasal 3 Undang - Undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN menyatakan bahwa setiap pegawai ASN dalam menjalankan profesinya harus berlandaskan pada prinsip-prinsip yang diantaranya adalah nilai dasar, kode etik dan kode perilaku. Dalam PP nomor 94 tahun 2021, setiap pegawai harus memperhatikan setiap rambu-rambu khususnya yang terkait dengan 17 butir kewajiban serta 14 butir larangan.

“Kita di sini untuk bekerja, kita bekerjasama, kita sama-sama bekerja. Target saya bagaimana kita sebagai Kementerian Agama mampu melayani masyarakat dengan baik sesuai dengan aturan," ungkap H. Noor Fahmi. 

Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah juga berpesan kepada seluruh pegawai Kementerian Agama untuk hidup sederhana. 

Terkait pelayanan langsung ke masyarakat, Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah mengingatkan agar benar-benar dalam memberikan pelayanan, jangan melakukan tindakan yang melanggar aturan, karena jika ada Pengaduan Masyarakat (Dumas) yang masuk akan ditindak.

“Saya tidak segan-segan akan memberhentikan pegawai yang melakukan pelanggaran. Kalau ada pelanggaran kita tidak akan melakukan tindakan preventif lagi tapi akan dilakukan tindakan represif," tegasnya. 

Penulis : Yetno

Editor : Urai.



Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 46 kali,
Bagikan Halaman Ini