Kantor Kementerian Agama
Kota Palangkaraya


Diunggah hari Selasa tanggal 18-06-2019 14:15:31 WIB

Tanya Jawab : Haid yang bertambah, bagaimana hukumnya?



Pertanyaa :

Assalamualaikum wr wb

Ada yang ingin saya tanyakan, jika ada seorang wanita yang kebiasaan masa haidnya 6 hari kemudian bertambah dari biasanya, bagaimana hukumnya? 

Diucapkan terima kasih atas jawabannya.

+62 852-4856-xxxx

Pondok Syariah :

Wa’alaikumussalam wr. wb.

Penanya yang terhormat, Kami akan menjawab pertanyaan Anda :

Jika kebiasaan haid wanitu itu enam hari kemudian bertambah hingga sembilan, sepuluh atau sebelas hari, maka dia tetap tidak boleh shalat hingga bersih. Demikian itu karena Nabi saw. tidak memberikan batasan waktu khusus dalam haid dan Allah swt. telah berfirman :

“Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah, ‘Haid itu adalah kotoran’. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu.” (Al Baqarah : 222).

Selama darah haid itu masih keluar, maka wanita itu masih dalam keadaan kotor hingga bersih lalu mandi dan shalat. Jika pada bulan berikutnya waktu haidnya berkurang, maka wanita itu harus mandi jika merasa haidnya telah habis, jika merasa belum habis, maka dia harus menunggu sampai benar-benar habis. Yang penting, jika wanita itu masih mengeluarkan darah haid, dia tidak boleh shalat, baik haid itu sesuai dengan kebiasaan sebelumnya atau bertambah darinya atau berkurang, jika bersih maka dia harus melakukan shalat.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, wallahu A’lam.



Telah Dibaca 591 kali,
Bagikan Halaman Ini