Kantor Kementerian Agama
Kota Palangkaraya


Diunggah hari Selasa tanggal 18-06-2019 14:11:36 WIB

Tanya jawab : Masa haid



Pertanyaan :

Assalamu’alaikum wr.wb.

Yth. Pengasuh Pondok Syariah

Adapun yang ingin saya tanyakan apakah sedikit dan banyaknya masa haid dibatasi oleh jumlah hari tertentu?

Terimakasih atas jawabannya

+62 813-5279-xxxx

Pondok Syariah  :

Wa’alaikumussalam wr. wb.

Penanya yang terhormat, Kami akan menjawab pertanyaan Anda :

Pendapat yang benar bahwa sedikit dan banyaknya masa haid tidak dibatasi oleh jumlah hari tertentu, karena Allah swt berfirman :

“ Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah, ‘Haid itu adalah kotoran’. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu.” (Al Baqarah : 222).

Allah swt. tidak menetapkan batasan larangan itu dengan hari-hari tertentu, tetapi menjadikan batasan larangan itu adalah kesucian. Dengan demikian, illat hukumnya adalah keberadaan haid itu sendiri, apakah haid itu ada ataukah tidak. Jika haid itu ada, maka tetaplah hukum atasnya dan jika dia telah bersih darinya maka hilanglah hukumnya. Kemudian mengenai pembatasan itu tidak ada dalilnya padahal secara darurat dibutuhkan penjelasan tentangnya. Seandainya pembatasan itu ditetapkan berdasarkan usia atau waktu tertentu secara syariat, tentu masalah ini dijelaskan dalam Kitabullah dan Sunnah Rasulullah.

Berdasarkan fenomena di atas maka segala darah yang dikenal sifatnya oleh wanita adalah darah haid tanpa pembatasan pada usia tertentu, kecuali jika darah itu selalu keluar dari wanita itu sepanjang waktu tanpa berhenti atau berhenti sebentar seperti sehari dan dua hari dalam sebulan, maka itu berarti darah istihadhah. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, wallahu A’lam.



Telah Dibaca 136 kali,
Bagikan Halaman Ini