Kantor Kementerian Agama
Kabupaten Kotawaringin Timur


Diunggah hari Senin tanggal 07-09-2020 09:37:00 WIB

Struktur Organisasi



Dasar hukum struktur organisasi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Timur adalah Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 19 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama.

 

Tugas dan fungsi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Timur adalah sebagai berikut :

Tugas : Melaksanakan tugas dan fungsi Kementerian Agama dalam wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur berdasarkan kebijakan  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Fungsi : Dalam melaksanakan tugasnya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Timur menyelenggarakan fungsi 

a) Perumusan dan penerapan visi, misi dan kebijakan teknis di bidang pelayanan dan bimbingan kehidupan beragama kepada masyarkat di Kabupaten Kotawaringin Timur;

b) Pelayanan, bimbingan dan pembinaan kehidupan beragama;

c) Pelayanan, bimbingan dan pembinaan haji dan umrah, serta zakat dan waqaf;

d) Pelayanan, bimbingan, dan pembinaan di bidang pendidikan madrasah, pendidikan agama dan pendidikan keagamaan;

e) Pembinaan kerukunan umat beragama;

f) Pelaksanaan kebijakan teknis di bidang pengelolaan administrasi dan informasi;

g) Pengkoordinasian perencanaan, pengendalian, pengawasan dan evaluasi program; dan

h) Pelaksanaan hubungan dengan pemerintah daerah, instansi terkait, dan lembaga masyarakat dalam rangka pelaksanaan tugas kementerian di Kabupaten Kotawaringin Timur.

  

1. Sub Bagian Tata Usaha

Sub Bagian Tata Usaha bertugas melakukan penyiapan bahan koordinasi penjabaran kebijakan teknis dan kegiatan, pelayanan urusan persuratan, administrasi perencanaan, kepegawaian, keuangan dan barang milik negara, keorganisasian dan ketatalaksanaan penyusunan keputusan, kerumahtanggaan, kearsipan, hubungan masyarakat, serta publikasi, data dan informasi.

2. Seksi Pendidikan Madrasah

Seksi Pendidikan Madrasah bertugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pengelolaan data dan informasi, serta penyusunan rencana dan pelaporan di bidang pendidikan raudhlatul athfal, madrasah ibtidaiyah, dan madrasah tsanawiyah.

 

3. Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren

Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren bertugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pengelolaan data dan informasi, serta penyusunan rencana dan pelaporan di bidang pendidikan diniyah, diniyah takmiliyah, kesetaraan, Al-Quran, dan pondok pesantren.

 

4. Seksi Pendidikan Agama Islam

Seksi Pendidikan Agama Islam bertugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pengelolaan data dan informasi, serta penyusunan rencana dan pelaporan di bidang pendidikan agama Islam pada pendidikan anak usia dini, sekolah dasar atau sekolah dasar luar biasa, sekolah menengah pertama atau sekolah menengah pertama luar biasa dan sekolah menengah kejuruan.

 

5. Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh

Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah bertugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pengelolaan data dan informasi, serta penyusunan rencana dan pelaporan di bidang pendaftaran dan pembatalan haji, bimbingan manasik, bina haji reguler, penyelenggara haji khusus dan umrah, transportasi dan dokumen haji regular, serta administrasi keuangan haji.

 

6. Seksi Bimas Islam

Seksi Bimbingan Masyarakat Islam bertugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pengelolaan data dan informasi, serta penyusunan rencana dan pelaporan di bidang urusan agama Islam dan bina syariah, bina kantor urusan agama dan keluarga sakinah, serta penerangan agama Islam.

7. Penyelenggara Zakat dan Wakaf

Penyelenggara Zakat dan Wakaf  bertugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pengelolaan data dan informas, serta penyusunan rencana dan pelaporan di bidang pemberdayaan zakat dan wakaf.

 

8. Penyelenggara Kristen

Penyelenggara Kristen bertugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pengelolaan data dan informasi, serta penyusunan rencana dan pelaporan di bidang urusan agama Kristen, pendidikan agama dan pendidikan keagamaan Kristen.

 

9. Penyelenggara Hindu

Penyelenggara Hindu bertugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pengelolaan data dan informasi, serta penyusunan rencana dan pelaporan di bidang urusan agama Hindu, pendidikan agama dan pendidikan keagamaan Hindu.

 



Telah Dibaca 856 kali,
Bagikan Halaman Ini