kalteng.kemenag.go.id

Diunggah hari Senin tanggal 20-09-2021 11:21:30 WIB

Inilah 3 K Alasan Pembatalan Keberangkatan Haji


Katingan (Humas) Ada 3 K yang menjadi alasan pembatalan keberangkatan jemaah haji tahun 1442 Hijriyah 2021 Masehi. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah H Noor Fahmi menjelaskan 3K itu adalah kesehatan, keselamatan, dan keamanan.

"Penundaan keberangkatan calon jamaah haji (CJH) yang kadua kalinya oleh pemerintah melalui Kementerian Agama ini karena mengutamakan kesehatan, keselamatan, dan keamanaan CJH," kata Kakanwil pada Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Haji di Gedung Pertemuan Salawah Jalan Garuda II Komplek Kantor Bupati Katingan, Kasongan, Senin (20/09/21).

Tiga K itu kemudian diperkuat dengan keputusan pemerintah Arab Saudi untuk menutup ibadah haji di Makkah dan hanya membuka bagi warga Arab Saudi dan ekspatriat yang bermukim di Arab Saudi.

Akibat keputusan pembatalan keberangkatan haji itu, banyak isu tidak benar yang beredar di masyarakat. Mulai dari kurangnya negosiasi pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi sampai dana haji yang dipakai untuk inspratruktur.

Agar tidak menimbulkan keresahan umat Islam, Kakanwil H Noor Fahmi mengajak ormas Islam dan tokoh agama untuk membantu meluruskan isu-isu yang keliru tersebut. Apalagi bagi aparatur Kemenag agar bisa ikut mengkonter hoak seputar pembatalan keberangkatan jemaah haji yang beredar di media sosial.

"Saya berharap dengan kegiatan ini bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat sehingga tidak menimbulkan keresahan umat," harap kakanwil.

"Mohon bersabar menerima kenyataan ini, semoga bisa mengambil hikmah dari keadaan ini, seperti jamaah bisa mendalami lagi manasik haji sehingga lebih memantapkan pelaksanaan ibadah haji nantinya. Apalagi kini kegiatan manasik haji bisa dilaksanakan sepanjang tahun," pungkasnya.

Kegiatan diseminasi yang di gelar Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Prov Kalteng ini diikuti unsur pemerintah daerah setempat, dinas kesehatan, aparatur Kemenag, Ikatan Persaudaraan Haji (IPHI), perwakilan ormas Islam, tokoh agama, dan peyuluh agama Islam.

Hadir pada kesempatan itu anggota Komisi VIII DPR RI Dapil Kalteng Fraksi Gerindra H Iwan Kurniawan dan Wakil Bupati Katingan Sunardi NT Litang.

Pewarta: Ispur

URL : https://kalteng.kemenag.go.id/kanwil/berita/508840/Inilah-3-K-Alasan-Pembatalan-Keberangkatan-Haji