Kanwil Kementerian Agama
Provinsi Kalimantan Tengah



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Rabu tanggal 08-12-2021 12:30:46 WIB

Rakorda FKUB Se-Kalimantan Tengah, Ka.Kanwil Ajak Pentingnya Menjaga Keharmonisan



Palangka Raya (Humas) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) se kabupaten/kota di Kalimantan tengah di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Selasa (7/12/2021). Kegiatan Rakorda dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, H. Eddy Pratowo. Turut hadir memenuhi undangan beberapa unsur perangkat daerah terkait.

Ka.Kanwil Kemenag Kalteng yang juga diundang untuk menghadiri kegiatan tersebut sekaligus menjadi narasumber turut memberikan materi penguatan bagi FKUB yang ada di Kalimantan Tengah. Acara yang mengambil tema : “Penguatan Peran FKUB dalam memelihara kerukunan Kalimantan Tengah” Ka.Kanwil berkesempatan memaparkan sejarah berdirinya FKUB di Indonesia.

Dihadapan peserta, Ka.Kanwil menerangkan bahwasanya Menteri Agama sudah memprioritaskan program Moderasi Beragama dalam RPJMN Kementerian Agama, sehingga semangat ini akan selalu digaungkan oleh Kementerian Agama dalam kesempatan apapun, termasuk dalam forum ini.

“Kalo berbicara sejarah, bapak/ibu peserta tentu sudah lebih paham sejarah berdirinya FKUB, jadi disini saya hanya ingin menekankan pentingnya menjaga keharmonisan antar umat beragama. Salah satunya dengan cara bersikap moderasi beragama” terang Ka.Kanwil

Ka.Kanwil menyampaikan, dirinya selalu menjelaskan filosofi moderasi beragama diibaratkan seperti memilih dan memilah produk.

“Biarkan kita dapat memilih untuk menggunakan produk ini, tetapi tanpa harus menjatuhkan atau menghina produk lainnya, kira – kira konsep sederhana moderasi beragama seperti itu” jelas Ka.Kanwil

Di sela pertemuan tersebut, Ka.Kanwil juga mengajak agak keharmonisan yang sudah terjaga saat ini bersama sama dipertahankan. Hal ini tentu juga selaras dengan visi misi Gubernur Kalimantan tengah yang ingin mewujudkan Kalimantan Tengah menjadi semakin berkah.

Selain Ka.Kanwil, materi juga disampaikan oleh beberapa narasumber lainnya seperti Dinas Kesbangpol Provinsi Kalteng, Danrem 102 Panju Panjung, hingga Kapolda Kalimantan Tengah.

 

Kontributor : Ittung Handoyo



Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 16 kali,
Bagikan Halaman Ini