Kanwil Kementerian Agama
Provinsi Kalimantan Tengah



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Sabtu tanggal 16-10-2021 11:10:22 WIB

Jangan Asal Konsumsi Produk Makanan, Pelajar Cek Dulu KLIK



Sukamara (Humas) 8 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sukamara beserta 2 guru pendamping mengikuti acara Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Keamanan Pangan yang diselenggarakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukamara di Aula Kantor Bupati Kabupaten Sukamara, Selasa (12/10/2021).

Kegiatan edukasi bagi kalangan pelajar di Bumi Gawi Barinjam itu dibuka Bupati Sukamara H. Windu Subagio.

"Tujuan kegiatan ini agar para pelajar dapat memahami betul konsep keamanan pangan  secara mandiri dapat menerapkannya dalam keseharian di lingkungan sekolah maupun masyarakat," kata Windu Subagio.

Dengan memahami keamanan pangan, diharapkan dapat berdampak terhadap kesehatan para pelajar sehingga kedepannya bisa mencetak generasi penerus yang berkualitas.

Ani Afriani siswa kelas XI IPA MAN Sukamara yang menjadi salah satu peserta merasa beruntung bisa terpilih menjadi perwakilan siswa MAN Sukamara.

"Sangat senang bisa mengikuti acara ini. Saya jadi tau tentang pangan yang sehat dan cara memilih jajanan yang sehat. Dengan ilmu yang didapat hari ini, saya akan lebih selektif memilih makanan yang akan saya konsumsi dan menjaga pola makan saya," tutur Ani.

Pantauan Humas, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan. Terlihat beberapa peserta, termasuk siswa MAN Sukamara mengajukan pertanyaan tentang materi yang disampaikan.

Selain manfaat yang dirasakan oleh siswa, acara ini juga sangat menambah ilmu pengetahuan bagi guru pendamping.

"Ilmu yang didapat hari ini, akan kami teruskan ke siswa yang belum berkesempatan hadir. Terutama dalam memilih makanan berkemasan, yang harus dicek terlebih dahulu sebelum dikonsumsi yaitu cek KLIK (Kemasan, Label, Izin edar, Kedaluwarsa)," ungkap guru pendamping.

"KLIK yaitu kita harus mengecek kemasannya, label yang tertera, izin yang ada baik itu izin BPOM dan halal dari MUI bagi yang muslim, dan yang terakhir kita harus cek tanggal kadaluarsanya. InsyaAllah jika semuanya baik maka makanan yang ada aman untuk dikonsumsi," bebernya.

Kontributor: Urai
Editor: Ispur



Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 19 kali,
Bagikan Halaman Ini