Kanwil Kementerian Agama
Provinsi Kalimantan Tengah



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Rabu tanggal 05-08-2020 19:30:05 WIB

Di Tengah Pandemi, Kasi Penmad Tetap Lakukan Pembinaan Pendidikan



Palangka Raya (Humas)  Kendati di tengah pandemi Covid 19, Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya tetap melaksanakan tugas pembinaan pendidikan madrasah. Seperti yang dilakukan pada lembaga pendidikan Islam Raudhatul Jannah, Rabu (5/8).

Dalam kegiatan Pembinaan Profesionalisme Guru MTs dan MA Raudhatul Jannah (Raja), Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H Supiani HK mengatakan tuntutan akan guru profesional semakin tinggi seiring dengan perkembangan dinamika sosial, politik, ekonomi, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini.

Salah satunya adalah tantangan pendidik madrasah di masa pandemi Covid-19. "Guru dituntut lebih kreatif dalam pembelajaran, sebagai upaya menyesuaikan situasi dan kondisi pandemi Covid-19," ungkap Supiani.

Disamping menggunakan kurikulum darurat, H Supiani juga menyarankan guru menggunakan pembelajaran jarak jauh melalui video e-Learning, Zoom Meeting, Google Meeting atau Google Form, dan lainnya.

"Apabila siswa terkendala mengikuti pembelajaran online, guru bisa memfasilitasi dengan pembelajaran luring, seperti mendatangi ke rumah siswa atau siswa datang ke sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," beber Supiani.

Menanggapi hal itu, Kepala MA Raja H Rafi`i mengungkapkan mulai tahun ajaran baru 2020/2021 ini dan selama masa pandemi, MTs dan MA Raja telah menerapkan pembelajaran daring.

Meskipun memiliki sejumlah kendala pada pelaksanaannya, namun MTs dan MA Raja bisa melaksanakan pembelajaran secara daring.

"Selama pembelajaran online ada siswa yang tidak memiliki perangkat dan paket data, solusinya siswa boleh ke sekolah menggunakan fasilitas sekolah dengan tetap menaati protokol kesehatan," tuturnya.

Selanjutnya Kepala MTs Raja, Junaidi memaparkan perkembangan MTs yang ia pimpin. "Alhamdulillah, Tahun ajaran baru ini, MTs Raja banyak menerima siswa baru hingga 3 rombongan belajar (rombel)," ucapnya.

Sama seperti MA Raja, ia menuturkan, Mts Raja juga telah melaksanakan pembelajaran secara daring. "Untuk kendala siswa tidak punya perangkat ataupun paket data, maka kita datangi ke rumah atau kita persilakan ke sekolah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," kata Junaidi.

Turut hadir mendampingi Kasi Penmad, Pengawas Pembina MTs, H Syamsyudin, dan Pengawas Pembina MA Misbah. Pengawas mengingatkan para guru untuk menyiapkan perangkat pembelajaran seperti RPP serta mengingatkan para guru untuk selalu sabar menghadapi kondisi pandemi ini  disamping lebih kreatif dalam mengajar baik secara daring maupun luring. (Nur Hidayah,**, Isp)



Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 237 kali,
Bagikan Halaman Ini