Kanwil Kementerian Agama
Provinsi Kalimantan Tengah



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Senin tanggal 03-08-2020 14:28:39 WIB

Disurvei, Pesantren Aswaja Buntok Akan Dapat Bantuan Sanitasi



Buntok (Humas)  Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memprogramkan pembangunan sarana kesehatan dan kebersihan pada pondok pesantren sebagai bagian dari adaptasi kebiasaan baru di lingkungan pesantren.

Bantuan diberikan dalam bentuk rehab atau pembangunan sarana dan prasarana sanitasi, seperti fasilitas cuci tangan, wudhu dan Mandi, Cuci dan Kakus (MCK) di lingkungan pendidikan keagamaan.

Pada Agustus ini, Kementerian PUPR akan melakukan survei terlebih dahulu yang dikoordinasikan dengan Kementerian Agama. Di Provinsi Kalimantan Tengah, salah satu pesantren yang disurvei adalah Pondok Pesantren Aswaja yang beralamat di Jalan Haji Indar, Buntok, Kabupaten Barito Selatan.

Saat mendampingi tim dari Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Senin (3/8), Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Tengah H Masrawan mengatakan program ini sangat membantu pesantren dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat serta untuk melakukan kembali aktivitas pembelajaran dalam memasuki new normal.

"Kami mengapresiasi dan siap mendukung program ini," ucap orang nomor satu di Kemenag Kalteng ini.

Saat survei, ketua tim survei Hartono menjelaskan, pihaknya mensurvei beberapa hal untuk memastikan lokasi penerima bantuan sesuai kriteria. Di antaranya ketersediaan sumber air bersih dan lahan yang sesuai dengan desain untuk bangunan baru.

Kemudian, pengelola pesantren dipastikan siap mengelola dana bantuan secara swakelola, bersedia memelihara sarana dan prasarana dengan baik jika sudah terbangun nantinya.

"Jika sudah terbangun, kami akan memberikan edukasi pemanfataan yang tepat untuk mendukung pola hidup bersih dan sehat," tuturnya.

Kedatangan rombongan Kakanwil H Masrwan, Kabid Papkis H Ardiansyah, Kasi Pontren Mahad Aly H Muhdianor, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Barito Selatan H Tuaini, dan tim survei di Ponpes Aswaja Buntok disambut ketua yayasan H Sutera Ali DW.  Disana, rombongan melihat langsung kondisi sarana prasarana pesantren Aswaja. (Isp/Wahid)



Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 47 kali,
Bagikan Halaman Ini