Kanwil Kementerian Agama
Provinsi Kalimantan Tengah



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Kamis tanggal 30-07-2020 10:16:29 WIB

Jelang Idul Adha 2020, Kemenag dan Pemda Mura Gelar Rapat Bersama



Puruk Cahu (Humas) Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1441 H jatuh pada Jum’at, 31 Juli 2020. Di tengah pandemi Covid-19, pelaksanaan Idul Adha berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, termasuk saat penyembelihan hewan qurban. Ada sejumlah aturan terkait protokol kesehatan yang harus dipatuhi untuk mencegah penularan virus Corona.

Dalam rapat koordinasi pelaksanaan salat Idul Adha bersama Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19/Wakil Bupati Kabupaten Murung Raya Rejikinoor di Aula Kantor kementerian Agama Kabupaten Murung Raya, Rabu (29/0), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Murung Raya H Ahmadi menyampaikan Surat Edaran Kementerian Agama Nomor 18 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441H/2020M menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

"Diimbau kepada masyarakat terutama panitia pelaksana salat Idul Adha dan panitia pemotongan hewan qurban agar mematuhi protokol kesehatan sebagai antisipasi sekaligus pencegahan Covid-19," tandasnya.

 Senada dengan Kakankemenag, Rejikinoor meminta Kapolsek, Camat, dan tokoh masyarakat yang ikut rapat agar menyampaikan kepada masyarakat entang tata cara pelaksanaan salat Idul Adha sesuai dengan anjuran pemerintah.

"Masyarakat yang ingin melaksanakan Salat Idul Adha harus mematuhi himbauan dari pemerintah untuk memenuhi protokol Kesehatan mengingat Murung Raya masih berstatus zona merah," tegasnya.

Begitu juga dengan penyembelihan hewan qurban, harus memperhatikan aturan protokol kesehatan, meskipun sebagian besar akan di laksanakan pada hari Sabtunya atau pada hari tasyriknya. (Jumiati)



Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 64 kali,
Bagikan Halaman Ini