Kanwil Kementerian Agama
Provinsi Kalimantan Tengah



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Jum`at tanggal 10-07-2020 09:22:22 WIB

Inovasi Teman PNBP NR Terbukti Mudahkan Masyarakat Pengguna Layanan



Kuala Kapuas (Humas)  Inovasi Kementerian Agama Kabupaten Kapuas berupa Sistem Penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak dari Nikah Rujuk (Teman PNBP NR) di KUA Kecamatan Kapuas Murung terbukti memudahkan masyarakat yang meminta pelayanan nikah.

Salah satunya adalah pasangan calon pengantin (catin) Irman dan Nikiyanti yang melakukan penyetoran biaya nikah melalui mesin EDC milik bank penerima setoran nikah yang dipasang di KUA Kapuas Murung, Rabu (8/7).
"Terimakasih KUA Kapuas Murung,  yang telah memberikan layanan yang memuaskan," kata Irman saat mendaftar nikah.

Pasangan catin tersebut kata Kepala KUA Kapuas Murung H Nabchan, melakukan penyetoran ke kas negara sebesar Rp 600ribu karena meminta layanan akad nikah di luar KUA.

"Sesuai PP No 47 Tahun 2014, apabila akad nikah dilksanakan di luar kantor atau di rumah dan di luar jam kerja akan dikenakan biaya," ucapnya.

Ia mengungkapkan dengan Teman PNBP NR yang digagas Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Kab Kapuas ini, maka proses penyetoran PNBP NR menjadi mudah, cepat, tepat, dan transparan.

"Catin tidak perlu repot-repot ke bank untuk melakukan penyetoran, cukup di KUA saja," bebernya.

Kendati di rumah, H Nabchan tetap mengingatkan pihak mempelai yang akan melaksanakan prosesi pernikahan untuk menerapkan protokol kesehatan, mengingat masih berlangsunnya pandemi Covid-19.

"Prosesi akad nikah dilaksanakan di ruang terbuka, jumlah yang hadir maksimal 10 orang, menggunakan masker, dan tersedia fasilitas cuci tangan dengan sabun dan handsanitizer," pesan H Nabchan kepada mempelai usai melengkapi persyaratan nikah.

"Alhamdulillah KUA Kapuas Murung dapat kembali melayani akad  nikah di rumah setelah PSBB tahap pertama dan tahap kedua berakhir," pungkasnya. (Dadiyanto)



Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 118 kali,
Bagikan Halaman Ini