Kanwil Kementerian Agama
Provinsi Kalimantan Tengah



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Senin tanggal 06-07-2020 17:16:52 WIB

Subbag Umum dan Humas Lakukan Ujicoba e-PTSP



Palangka Raya (Humas) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah melalui Subbag Umum dan Humas melakukan terobosan baru dengan menghadirkan aplikasi online berbasis website yang diberi nama e-PTSP. Untuk memperkenalkan dan mendapat masukan dari sebagian pengguna e-PTSP, Subbag Umum Dan Humas mengundang operator perwakilan dari Bagian Tata Usaha, Bidang, Pembimas, Kasi dan Subbag untuk melakukan ujicoba e-PTSP di aula utama, Senin (06/07). 

Saat membuka kegiatan ujicoba e-PTSP, Kabag Tata Usaha H. Surian Nor sangat mengapresiasi terobosan yang dilakukan Subbag Umum dan Humas serta berharap PTSP online dapat menjawab kehendak masyarakat akan mudahnya layanan birokrasi terutama di lingkungan Kanwil Kemenag Kalteng. 

“Reformasi birokrasi seyogyanya mempermudah masyarakat menerima pelayanan. PTSP online ini saya harap menjadi salah satu wujud upaya Kanwil Kemenag menjawab tantangan reformasi birokrasi,” ujar Kabag. 

“Selain itu, di tengah pandemi Covid-19, kehadiran aplikasi ini tentu saja sangat menjawab kebutuhan masyarakat agar tetap mendapat pelayanan dari Kanwil dengan cara mengakses aplikasi ini dari rumah,” lanjutnya. 

Senada, Kasubbag Umum dan Humas Gondo Utomo menuturkan Subbag Umum dan Humas selaku unit kerja yang diberikan tanggung jawab mengelola PTSP (Pelayanan terpadu Satu Pintu) mencoba menghadirkan PTSP online berbasis website untuk  mempermudah layanan bagi masyarakat dan mempermudah proses tindak lanjut atas surat atau naskah dinas di internal Kanwil Kemenag Kalteng. 

“Beberapa kendala yang kita temukan dilapangan terkait tata kelola persuratan secara manual menjadi landasan utama untuk membuat terobosan ini,” ujar Gondo. 

“Untuk mengetahui sejauh mana aplikasi ini menjawab kendala tersebut, hari ini kita lakukan ujicoba bersama operator yang telah diundang. Selain untuk memperkenalkan aplikasi ini dan cara mengoperasikannya, kami juga menerima masukan dan perbaikan dari operator. Hal ini sangat penting sebelum apikasi ini benar-benar diluncurkan.” terang Gondo. 

Masyarakat yang membutuhkan pelayanan dari Kanwil cukup mengakses aplikasi ini dari rumah, syarat-syarat yang dibutuhkan juga telah tersedia, bahkan saat mengirimkan permohonan dan surat cukup melalui aplikasi ini. Demikian pula untuk internal Kanwil, permintaan nomor surat, untuk mengetahui sampai dimana tindak lanjut surat cukup dengan mengkases aplikasi ini.

“Setelah ini, dalam waktu dekat kami berencana mengundang pejabat eselon III dan IV untuk mengenalkan aplikasi ini, hal ini penting dilakukan karena saat mendisposisi surat juga dilakukan by system,” tutup lulusan Magister Universitas Sebelas Maret ini. (maturidi/harmini).



Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 64 kali,
Bagikan Halaman Ini