Kanwil Kementerian Agama
Provinsi Kalimantan Tengah



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Minggu tanggal 19-01-2020 05:56:50 WIB

Kakanwil dan Kakankemenag Ziarahi Makam Habib Husein



Jakarta (Humas) Pasca selesai mengikuti Rapat Koordinasi Kebijakan Pengawasan (Rakorjakwas) 2020 di Jakarta, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah H. Masrawan dan sejumlah Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) untuk berziarah ke makam Habib Husein bin Abubakar bin Abdillah Alaydrus atau yang dikenal dengan sebutan makam Luar Batang, Sabtu (18/1).

Ziarah itu di antaranya diikuti oleh Kepala Kemenag Barito Timur H. Hairul Anwar, Kepala Kemenag Kotawaringin Timur H. Samsudin. Kemudian Kepala Kemenag Kapuas H. Ahmad Bahruni, Kepala Kemenag Sukamara Nur Widiantoro.

Terdapat pula Kepala Kemenag Kotawaringin Barat H. Suyarno, Kepala Kemenag Gunung Mas H. Anang Rusli, dan Kepala Kemenag Murung Raya H. Ahmad. Ikut dalam ziarah itu Kasubbag Tata Usaha Kemenag Kapuas H. Hamidhan, serta Kasubbag Tata Usaha Kemenag Barito Selatan H. Arbaja.

"Kami bermunajat, berdoa kepada Allah agar diberikan keberkahan dalam menjalankan tugas sebagai aparatur Kementerian Agama," ucap Kakanwil H. Masrawan.

Seperti diketahui, makam Habib Husein terletak di komplek Masjid Jami Keramat Luar Batang, Jakarta Utara. Habib Husein bin Abubakar bin Abdillah Alaydrus merupakan seorang Arab Hadramaut yang hijrah ke tanah Jawa melalui Pelabuhan Sunda Kelapa pada 1736.

Masjid Jami Keramat Luar Batang dibangun Habib Husein pada Abad ke-18. Habib Husein sendiri dikenal sebagai salah seorang tokoh penentang Kolonial Belanda di kawasan Sunda Kelapa. Karena sikapnya tersebut, ia sempat merasakan kehidupan penjara. Habib Husein wafat pada 24 Juni 1756 dalam usia yang relatif masih muda, yaitu kurang dari empat puluh tahun. (Gondo)



Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 55 kali,
Bagikan Halaman Ini