Kanwil Kementerian Agama
Provinsi Kalimantan Tengah



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Jum`at tanggal 09-11-2018 09:34:07 WIB

Kakanwil: Waspadai ‘Tukang Kipas dan ‘Tukang Goreng



Palangka Raya (Inmas) Jelang Pemilihan Umum, peluang munculnya pihak-pihak yang ingin membenturkan elemen masyarakat semakin menguat. Masyarakat diingatkan untuk tetap mengedepankan persaudaraan dan kerukunan.

Kakanwil H. Masrawan ketika memberikan sambutan dalam pembukaan sosialisasi implementasi kurikulum Sekolah Minggu Buddha (SMB) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (8/11) malam secara khusus meminta kepada masyarakat Kalteng untuk mewaspadai ‘tukang kipas’ dan ‘tukang goreng.’

“Saya ingkatkan kepada kita semua, kepada umat Buddha Kalimantan Tengah untuk mewaspadai ‘tukang kipas’ dan ‘tukang goreng’ jelang Pemilu,” kata H. Masrawan.

‘Tukang kipas’ yang dimaksud H. Masrawan adalah oknum yang tidak bertanggung jawab yang ingin mengipasi atau memprovokasi perbedaan keagamaan. Sama halnya dengan ‘tukang goreng’ yang bisa saja muncul dan menggoreng atau membesar-besarkan isu-isu tertentu dengan tujuan untuk memperkeruh suasana.

H. Masrawan berharap organisasi keagamaan Buddha bisa membantu menjaga kerukunan dan kebersamaan di internal umat Buddha. Dengan begitu, isu agama tidak akan mempan jika berusaha dimunculkan oleh ‘tukang kipas’ dan ‘tukang goreng.’

“Bisa saja nanti ada muncul isu yang membenturkan organisasi Buddha yang satu dengan yang lain. Ini harus kita waspadai supaya kerukunan umat beragama di Kalimantan Tengah tetap terjaga,” pesan H. Masrawan.

“Falsafah huma betang yang menjadi nilai kearifan lokal Kalimantan Tengah menjadi modal utama kita menjaga kerukunan dan persaudaraan. Mari bersama-sama jaga dan rawat keragaman di Bumi Pancasila,” tegas H. Masrawan. (Gondo)



Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 33 kali,
Bagikan Halaman Ini