Kanwil Kementerian Agama
Provinsi Kalimantan Tengah



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Jum`at tanggal 12-10-2018 10:45:14 WIB

KUA Pulau Petak Sosialisasikan UU Perkawinan



Pulau Petak (Inmas) Kepala KUA Kecamatan Pulau Petak Fahrurrazi beserta staf menggelar sosialisasi Undang-Undang Perkawinan No. 1 tahun 1974, belum lama tadi. Sosialisasi digelar di Desa Handiwung dan Banama.

Di depan kepala desa dan aparaturnya, BPD, Ketua RT, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat, Fahrurrazi membeberkan soal persyaratan administratif yang harus dipenuhi oleh calon pengantin.

“Misalnya harus ada keterangan dari desa, kemudian dilengkapi KTP, kartu keluarga, dan beberapa berkas administrasi lainnya,” ujar Fahrurrazi.

Fahrurrazi berharap aparat desa bisa membantu Kementerian Agama dengan memberikan pemahaman kepada masyarakatnya tentang batasan usia minimal calon pengantin yang harus dipenuhi. Semua itu agar pencatatan nikah masyarakat berjalan baik sesuai aturan yang berlaku.

“Status calon pengantin juga harus kita pastikan agar tidak ada masalah di kemudian hari,” beber Fahrurrazi.

Dia berharap aparatur desa dan seluruh stakeholdernya agar ikut membantu mengantisipasi potensi munculnya permasalahan di masyarakat yang kurang memamahami regulasi persyaratan nikah.

“Jangan sampai nantinya muncul tuntutan dari pihak keluarga yang merasa tidak sah akan perkawinan tersebut,” pinta Fahrurrazi. (Frz)



Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 49 kali,
Bagikan Halaman Ini