PT Taspen Sosialisasi di Kanwil Kemenag Kalteng

Foto untuk : PT Taspen Sosialisasi di Kanwil Kemenag Kalteng

Palangka Raya (Inmas) PT. Taspen Kantor Cabang Palangka Raya bersama Bank Mandiri Taspen melakukan sosialisasi kepada ASN Kanwil Kemenag Prov. Kalteng di aula Kanwil, Kamis (8/2).

Kegiatan itu dihadiri Kakanwil H. Masrawan, Kepala Taspen KCU Palangka Raya Ucu Samsudin, Kepala Mandiri Taspen Cab. Palangka Raya Aldo Caesar, para pejabat dan staf Kanwil Kemenag Kalteng.

Ucu Samsudin mengatakan, sebagai mitra kerja intansi pemerintah, Taspen akan melayani para purna bakti dengan sepenuh hati. "kami akan melayani penghitungan hak pensiun dengan cepat dan tepat serta dengan metode jemput bola ke bagian kepegawaian," ucapnya.

Sementara H. Masrawan menyambut baik sosialisasi tersebut. Menurutnya sosialisasi ini sangat penting bagi peningkatan kesejahteraan setiap PNS, terutama yang akan memasuki masa pensiun. Oleh karena itu ia meminta para ASN Kanwil agar mengikuti sosialisasi ini sampai tuntas.

Amin Nurrohman Kasi Layanan dan Manfaat PT. Taspen Cabang Palangka Raya menjelaskan, ada 4 hak pegawai negeri sipil (PNS) yang dikelola PT. Taspen, yaitu tabungan hari tua (THT), pensiun, jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM).

THT dan pensiun akan dibayarkan setelah seorang PNS memasuki batas usia pensiun (BUP) atau mengundurkan diri baik secara terhormat maupun tidak. Sedangkan yang dua lagi akan dibayarkan manakala PNS tersebut meninggal dunia sebelum BUP atau mengalami kecelakaan ketika sedang bertugas.

Selanjutnya, jika nanti purna bakti PNS tersebut meninggal dunia, maka pihak ahli waris akan mendapat uang duka wafat (UDW) dan akan dibayarkan pensiunan terusan yaitu pensiun janda/duda.

Sedangkan kewajibannya, jelas Amin, seorang PNS dipotong premi melalui gajinya sejak menjadi calon PNS sampai pensiun sebesar 10 persen, dengan komposisi THT 3,25 persen , program pensiun 4,75 persen dan BPJS 2 persen.

Selain hak dan kewajiban, PT taspen melalui Bank Mandiri Taspen (Mantap) menawarkan program tabungan tabungan pensiun Bank mantap atau Simantap dan kredit pensiun Mantap.

Untuk diketahui Bank Mantap adalah anak perusahaan dari PT Taspen, yang sahamnya gabungan dari dua BUMN yaitu PT Taspen dan Bank Mandiri. Bank Mantap menawarkan program tabungan dan kredit khusus bagi PNS yang akan memasuki BUP dan yang sudah purna tugas.
(Isp)