Kakanwil: Target Realisasi Anggaran Kita 96 Persen

Foto untuk : Kakanwil: Target Realisasi Anggaran Kita 96 Persen

Palangka Raya (Inmas) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah mencanangkan target realisasi anggaran tahun 2018 pada angka 96 persen. Target itu meningkat jika dibandingkan realisasi anggaran tahun 2017 yang mencapai 94,55 persen.

Kakanwil H. Masrawan usai melantik duta akrual dan duta BMN lingkup Kementerian Agama Kalimantan Tengah mengatakan, salah satu tugas para duta adalah untuk memastikan serapan anggaran minimal mencapai 96 persen.

"Namun tetap harus kita perhatikan bahwa serapan anggaran harus benar sesuai dengan regulasinya, serapan anggaran harus on the track," kata H. Masrawan, Kamis (8/2).

Ditambahkan pria yang pernah menjabat sebagai Kabag Tata Usaha Kemenag Kalteng ini, Kanwil juga memiliki target agar laporan keuangan Kanwil Kemenag Kalteng harus menjadi yang terbaik. Oleh karenanya, masalah-masalah yang biasa muncul seperti saldo tidak normal, jurnal tidak lazim, pagu minus dan masalah lainnya harus ditekan sekecil-kecilnya.

"Duta akrual dan duta BMN harus memastikan Laporan Keuangan Kementerian Agama (LKKA) tersaji secara benar. Pengganggaran dan pelaporannya harus tepat," tegas H. Masrawan.

Dia juga mengingatkan para duta untuk membangun rasa memiliki terhadap laporan keuangan yang berbasis akrual, serta membangun koordinasi yang baik dengan semua unit kerjanya. Tugas utama duta akrual adalah menjadi koordinator penyusunan laporan keuangan, memberikan supervisi dalam penyusunan laporan keuangan, menjamin mutu data laporan keuangan dan sebagai problem solver permasalahan laporan keuangan pada satuan kerja di wilayahnya.

"Sedangkan tugas utama duta BMN adalah menjadi koordinator penyusunan laporan BMN, memberikan supervisi pencatatan persediaan, pencatatan SIMAK-BMN, menjamin mutu data laporan BMN dan sebagai problem solver permasalahan laporan BMN pada satuan kerja di wilayahnya," beber H. Masrawan. (Gondo)