LPTQ Kalteng Hadirkan Qori Internasional

Foto untuk : LPTQ Kalteng Hadirkan Qori Internasional

Palangka Raya (Inmas) Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Kalimantan Tengah akan menghadirkan qori internasional, H. Ahmad Muhajir sebagai narasumber Orientasi Dewan Hakim dan Pelatihan Operator Elektronik Musabaqah Tilawatil Quran (e-MTQ) di Palangka Raya.

Hal itu diungkapkan H Riduan Syahrani, Ketua Panitia Orientasi Dewan Hakim dan Pelatihan Operator e-MTQ se-Kalteng tahun 2018, Jumat (9/2/2018) pagi.

“Hasil rapat panitia dengan pengurus LPTQ di Masjid Raya disepakati akan menghadirkan pemateri dari Jakarta yaitu HA Muhajir,” ucap mantan Kabid Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag Kalteng itu.

Dikatakan, selain menghadirkan narasumber pusat, panitia oriantesi tahun ini juga menghadakan simulasi penilaian baik sebelum ataupun sesudah kegiatan orientasi.

“Untuk simulasi, ada qori kita yang tampil membaca Alquran di hadapan peserta dan mereka wajib memberikan penilaian layaknya dewan hakim saat  MTQ atau STQ. Hasil penilaian itulah yang nantinya kita diskusikan,” ucapnya.

Lebih lanjut Riduan menjelaskan, para peserta orientasi nantinya akan mendapatkan beberapa materi untuk meningkatkan profesionalitasnya sebagai dewan hakim MTQ/STQ. Sehingga para juara MTQ/STQ di Bumi Tambun Bungai ini semakin berkualitas dan siap berkompetisi di tingkat nasional.

“Untuk materinya antara lain sistem penilaian bidang lagu dan suara, penilaian bidang tajwid, fasahah, tahfizh. Selain itu peserta juga akan mendapatkan materi tentang mekanisme pendaftaraan peserta serta strescing dari Ketua Umum LPTQ Kalteng,” ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, LPTQ Kalteng mulai malam ini (Jumat, 9/2/2018) akan mengadakan orientasi/pembinaan dewan hakim dan pelatihan operator e-MTQ. Kegiatan itu diikuti sekitar 68 peserta perwakilan dari kabupaten/kota se-Kalteng. Orientasi ini akan dilaksanakan semala tiga hari mulai tanggal 9-11 Februari 2018 dipusatkan di gedung baru Asrama Haji Al-Mabrur Palangka Raya. (rf)