Ikuti Pembahasan Produk Halal, Kakanwil Imbau Produsen Daftarkan Produknya

Foto untuk : Ikuti Pembahasan Produk Halal, Kakanwil Imbau Produsen Daftarkan Produknya

Palangka Raya (Inmas) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah H. Masrawan mengimbau produsen makanan di Kalimantan Tengah untuk mendaftarkan produknya agar mendapatkan sertifikat halal. Hal itu sekaligus untuk meningkatkan daya jual produk di masyarakat.

H. Masrawan mengatakan itu usai mengikuti pembahasan produk halal di Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Tengah. Kehadiran Kakanwil H. Masrawan di forum itu dalam kedudukannya sebagai Pembina sekaligus anggota komisi fatwa MUI Kalimantan Tengah.

"Tadi ada beberapa produk yang sedang menjalani uji kehalalalan. Jika lolos dalam uji ini, maka akan diberikan sertifikat halal dan diijinkan mencantumkan label halal di kemasan produknya. Saya tentu berharap produsen lain melakukan hal serupa," kata H. Masrawan.

Dalam forum itu, jelas H. Masrawan, beberapa auditor mempresentasikan hasil audit yang dilakukannya atas produk yang akan disertifkasi halal. Hasil paparan tersebut menjadi pertimbangan bagi Majelis Ulama Indonesia.

Jika sebuah produk telah mendapatkan sebutan halal dari Majelis Ulama Indonesia, tentu konsumen akan lebih yakin ketika mengkonsumsinya. Dengan begitu, sebut H. Masrawan, bakal timbul multiplier effect dari pemasaran produk tersebut.

"Masyarakat yakin dan mengkonsumsi, kemudian produsennya bisa menambah omset, dan pedagang atau toko yang menjualnya semakin berkembang," ucap mantan Kabag Tata Usaha ini.

"Saya imbau bagi produsen yang belum memiliki sertifikat halal, silakan menghubungi MUI untuk mendapatkan informasi prosedurnya, dan selanjutnya memproses itu," pungkasnya. (Gondo)