KKP Sarankan Perluasan Gedung Layanan Kesehatan Asrama Haji

Foto untuk : KKP Sarankan Perluasan Gedung Layanan Kesehatan Asrama Haji

Palangka Raya (Inmas) Untuk meningkatkan pelayanan Jamaah Calon Haji (JCH) Kalteng di Embarkasi Haji Antara Palangka Raya, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palangka Raya, H Sholihin mengusulkan agar ke depan gedung layanan kesehatan Asrama Haji Al-Mabrur Palangka Raya diperluas.

“Saran kami Pak Kanwil, ke depan gedung kesehatan di asrama haji perlu diperluas agar jamaah tidak berdesakan untuk mendapatkan pelayanan dari tim kesehatan,” ucap H Solihin saat menerima kunjungan silaturahmi Kepala Kanwil Kemenag Kalteng, H Masrawan di ruang kerjannya, Jumat (12/1) pagi.

Dikatakan gedung kesehatan Asrama Haji Al-Mabrur di Jl. G. Obos Induk Palangka Raya dinilai terlalu sempit, sehingga jamaah terpaksa berdesak-desakan saat pemeriksaan kesehatan.

“Ruang perawatan jamaah yang sakit juga sangat terbatas, hanya ada tiga kamar. Ini tentu kurang. Karena itu ke depan perlu ada penambahan,” ucapnya.

Selain persoalan gedung layanan kesehatan, Kepala KKP juga menyarankan agar Kanwil Kemenag Kalteng atau pengelola asrama haji menyediakan filter penyaring air. Sehingga air tanah dari sumur bor tidak langsung masuk ke tangki air atau tandon.

“Air tanah itu sering mengandung zat besi dan mangan cukup besar. Ini bisa menyebabkan warna air berubah menjadi kuning-coklat, bau kurang enak dan dapat mengganggu kesehatan. Karena itu ke depan perlu dicarikan solusinya,” ucapnya.

Menangapi itu, Kakanwil H Masrawan menyampaikan ucapan terimakasih atas saran konstruktif dari kepala KKP itu. Ia mengatakan akan segera berkoordinasi dengan Bidang Penyelengara Haji dan Umroh serta Kemenag RI untuk memperluas gedung layanan kesehatan asrama haji itu.

“Iya gedung layanan kesehatan kita luasnya sekitar 180 meter persegi. Jadi belum representatif untuk melayani jamaah haji kita yang jumlahnya mencapai 1.500 lebih,” ucapnya.

Sekadar diketahui, Kepala Kanwil Kemenag Kalteng H Masrawan didampingi Plt Kabag TU, Ediyanto melakukan kunjungan silaturahmi ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palangka Raya di Jl Soekarno Hatta Palangka Raya.

Kunjungan itu selain untuk menyerahkan piagam penghargaan apresiasi kinerja KKP mensukseskan embarkasi dan debarkasi haji antara Palangka Raya juga untuk melihat langsung proses layanan kesehatan bagi jamaah umroh di Palangka Raya. (rf)