Inmas Sukses Fasilitasi Vicon Diklat Jarak Jauh

Foto untuk : Inmas Sukses Fasilitasi Vicon Diklat Jarak Jauh

Palangka Raya (Inmas) Subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Prov. Kalteng sukses menggelar video conference (Vicon) dengan Balai Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Kamis (12/10) di Aula Kanwil Kemenag Kalteng.

Dikatakan Kasubbag Inmas, Ediyanto, SH, Subbag Inmas memfasilitasi Vicon dengan Badan Litbang dan Diklat di Jakarta atas permintaan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Banjarmasin.

"BDK Banjarmasin mengadakan Diklat Di Wilayah Kerja (DDWK) di Kanwil Kemenag Kalteng, salah satu narasumbernya Kepala Balitbangdiklat, namun beliau tidak dapat hadir langsung sehingga diupayakan menyampaikan materi melalui teleconference," terang Ediyanto.

Ini merupakan Vicon Diklat jarak jauh pertama kali yang dilakukan Subbag Inmas, tambahnya lagi. Diakuinya untuk menggelar Vicon ini, pihaknya telah melakukan persiapan sejak Selasa lalu. "Kami harus memindah perangkat Vicon dan pendukungnya dari ruang Vicon ke Aula," ungkapnya.

"Tidak hanya itu, kami juga harus menyetting ulang Vicon untuk disesuaikan dengan sound sistem yang ada di aula dan melakukan uji coba Vicon dengan pihak lain," jelasnya lagi

PIC Vicon Inmas Kemenag Kalteng, M. Arfani bersyukur pelaksanaan Vicon itu dapat berjalan lancar. "Alhamdulillah, Vicon berjalan mulus tanpa ada gangguan loss sinyal ditengah-tengah Vicon," ucap Arfani.

Ia mengakui kendala yang kerap terjadi dalam pelaksanaan Vicon adalah loss signal karena turunnya bandwidth internet secara tiba-tiba yang akan mengakibatkan Vicon terputus ditengah jalan.

"Untung yang Vicon cuma dua pihak, jadi tak terlalu menguras bandwidth VPN Biro HDI di Kanwil Kemenag Kalteng yang cuma 3Mb," beber sarjana teknik ini.

Dengan perangkat Polycom HDX 7000nya, Subbag Inmas sudah berulangkali melakukan Vicon dengan Kemenag RI dan berbagai satuan kerja Kementerian Agama se Indonesia. Tidak hanya dengan pejabat eselon I bahkan Vicon dengan Menteri Agama pun pernah dilakukan. Diantaranya, Subbag Inmas pernah melaksanakan Vicon dengan Menag Lukman Hakim Saifuddin saat peringatan Hari Santri Nasional tahun 2016 lalu. (Isp)