12 JCH Kalteng Gunakan Bantuan Kursi Roda

Foto untuk : 12 JCH Kalteng Gunakan Bantuan Kursi Roda

Palangka Raya (Inmas) Sebanyak 12 Jamaah Calon Haji (JCH) Provinsi Kalteng, terpaksa menggunakan bantuan kursi roda dan diberangkatan ke Bandara Embarkasi Antara Tjilik Riwut menggunakan ambulan. Ke 12 JCH itu tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 8, 9 dan 10.

Plh Kantor Kesehatan Pelabuhan Palangka Raya, Eman Prastyo mengatakan, ke 12 JCH itu mayoritas berusia di atas 60 tahun. “Ya mereka terpaksa menggunakan bantuan kursi roda karena kondisinya kurang fit,” ucapnya.

Selain karena faktor usia, beberapa JCH yang terpaksa menggunakan bantuan kursi roda disebabkan karena pasca struk dan sedang dalam pemulihan. “Ada satu jemaah kita yang menggunakan kaki palsu, jadi harus dibantu kursi roda,” ucapnya.

Kendati ke 12 JCH itu menggunakan bantuan kursi roda, namun Eman Prastyo mengungkapkan mereka dinyatakan memenuhi syarat kesehatan untuk berangkat ke Tanah Suci.

“Secara umum mereka masih memenuhi syarat istithaah kesehatan sesuai Permenkes No. 15 tahun 2016. Sehingga kita berangkatkan,” ucapnya.

Bagi JCH yang masih bisa berjalan, nantinya saat melaksanakan rangkaian ibadah dianjurkan untuk berjalan kaki. Namun bagi yang tidak bisa maka akan menggunakan menggunakan jasa kursi roda saat melakukan tawaf dan sa’i di Makkah. (rf)