Petugas Haji Wajib Penuhi Empat Komitmen Ini

Foto untuk : Petugas Haji Wajib Penuhi Empat Komitmen Ini

Palangka Raya (Inmas) Motivasi menjadi petugas haji bukanlah untuk bisa mendapatkan kesempatan menjalankan ibadah haji dan mendapatkan gaji besar semata  namun yang utama adalah beribadah dalam bentuk melayani, membantu  dan mempermudah jemaah dalam melaksanakan ibadah haji.

Motivasi tersebut setidaknya tertuang dalam komitmen yang diikrarkan Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) pada seremonial Penerimaan Jamaah Calon Haji Kloter 10 Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 1438/2017 di aula Arafah asrama haji Al Mabrur, Sabtu (12/8).

Muhammad Anshori selaku Ketua Kloter 10 yang tergabung dalam Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) memimpin pembacaan empat komitmen petugas haji diikuti petugas Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Drs.H Ahmad Yahya, petugas Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) dr. Heny Andrianto, dibantu dua paramedis Istiadah dan Suprianto, serta dua orang Tim Pemandu Haji Indonesia Daerah (TPHID) H. Syamsul Hadi dan Daryana.

Komitmen itu antara lain; bekerja berdasarkan prinsip kejujuran amanah disiplin ikhlas dan penuh tanggung jawab. Kedua menerapkan 5 S (salam, senyum, sapa, siaga dan sabar). Ketiga, tawakal dalam pelayanan, tanggap, waspada, koordinasi, konsolidasi, aktif dan lancar. Keempat, mengutamakan kepentingan jamaah daripada kepentingan pribadi atau kelompok.

M. Anshori yang merupakan Penyuluh Agama Islam Fungsional pada Kantor Kemenag Palangka Raya bersama Drs. H. Ahmad Yahya yang merupakan Kepala Kantor Kemenag Lamandau terpilih sebagai petugas kloter setelah berhasil lulus pada tes penerimaan petugas haji pada Juni lalu.

Pengucapan dan penandatanganan komitmen petugas haji itu disaksikan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalteng H. Abdul Halim H. Ahmad dan Kepala Kankemenag Palangka Raya Drs. H. Baihaqi, M.Ap.

Sebagaimana diketahui, TPHI bertugas mengkoordinir tugas pelayanan kloter selama di embarkasi, pesawat, bandara, Madinah, Makkah, Armina dan di debarkasi. Sedangkan TPIHI bertugas mengkoordinir pelayanan ibadah bagi jamaah haji selama di embarkasi dan debarkasi.

Kloter 10 yang terdiri dari jamaah calon haji asal Kabupaten Lamandau (22 orang), Kabupaten Barito Timur (217) dan Kota Palangka Raya (79) rencananya akan diberangkatkan pada Minggu sekitar pukul 03.00 dini hari. (ISP)