Gelar Shalat Hajat Bersama Orang Tua Siswa

Foto untuk : Gelar Shalat Hajat Bersama Orang Tua Siswa

Kuala Kapuas (Inmas) Shalat hajat terakhir yang digelar MAN Kapuas belum lama tadi terasa istimewa karena sejumlah guru dan orang tua siswa turut hadir dalam kegiatan itu. Shalat hajat dimaksudkan sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT agar siswa kelas XII sukses ketika mengikuti ujian akhir.

Kepala MAN Kapuas, Sriyadi mengatakan, pihaknya sengaja mengundang orang tua siswa sebagai bentuk dukungan kepada anak-anaknya dalam menghadapi ujian akhir.

"Kehadiran orang tua siswa kelas XII dalam shalat hajat ini diharapkan bisa memberi kepercayaan diri dan memotivasi siswa untuk lebih siap lagi dalam mengikuti ujian, terlebih nanti akan dilaksanakan Ujian Nasional Berstandar Komputer," ujar Sriyadi.

Sriyadi melontarkan harapannya agar orang tua atau wali siswa untuk bersama-sama memperhatikan dan memantau aktivitas belajar anaknya di rumah. Orang tua harus memotivasi siswa untuk lebih giat belajar agar nilai ujian yang diperoleh bisa memuaskan.

Sholat hajat dilaksanakan setelah shalat Maghrib berjamaah dan disambung dengan pembacaan surah Yasiin, Waqiah, Tabaraq, dan pembacaan shalawat nabi serta pembacaan amaliyah lainnya, ditutup dengan shalat Isya berjamaah.

Sementara itu, H. Parhani yang memimpin pelaksanaan shalat hajat menerangkan, shalat hajat merupakan salah satu bentuk permohonan kepada Allah SWT agar segala yang diinginkan dan dihajatkan oleh para siswa-siswi dapat terkabul. H. Parhani juga mengingatkan para siswa untuk tetap belajar dengan tekun dan mengurangi aktivitas yang tidak penting. (Siti M)