Ini Manfaat Pramuka Menurut Muhammad Noor

Foto untuk : Ini Manfaat Pramuka Menurut Muhammad Noor

Puruk Cahu (Inmas) Pembina Pramuka MAN 1 Murung Raya Muhammad Noor menyebut banyak manfaat yang bisa diambil dari kegiatan kepramukaan. Salah satunya adalah meningkatkan rasa cinta tanah air atau nasionalisme di kalangan pelajar.

"Melalui Pramuka, kita didik untuk mencintai Negara kita, untuk menjaga persatuan, dan untuk berpartisipasi dalam pembangunan," kata Muhammad Noor ketika membuka kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami), Sabtu (12/8).

Manfaat selanjutnya, tambah Muhammad Noor, adalah membentuk jiwa kemandirian. Hal itu juga nampak dalam pelaksanaan Persami di MAN 1 Murung Raya yang semuanya dijalankan oleh anggota Pramuka madrasah setempat.

"Kemudian, Pramuka juga mengasah dan membentuk rasa solidaritas," bebernya.

Di dalam Pramuka, setiap anggotanya dituntut untuk membantu satu sama lain, dan itulah solidaritas. Dia meminta dengan seabrek manfaat tersebut, anggota Pramuka MAN 1 Murung Raya bisa mengikuti seluruh kegiatan kepramukaan di madrasah setempat.

Persami  yang diselenggarakan Gudep 07-08 MAN 1 Murung Raya digelar pada 12 sampai 13 Agustus, diikuti sembilan sangga. Kegiatan dipusatkan di halaman madrasah setempat. (Faisal)