Pengawas Lakukan Supervisi Guru di MTsN 1 Kota

Foto untuk : Pengawas Lakukan Supervisi Guru di MTsN 1 Kota

Palangka Raya (Inmas) Kementerian Agama terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan madrasah, prestasi siswa dan kualitas guru. Salah satu upaya yang terus dilakukan kemenag adalah dengan menggiatkan para pengawas madrasah untuk melakukan supervisi.

Seperti yang dilakukan Pengawas Pembina MTsN 1 Kota Palangka Raya, Syamsuddin baru-baru ini. Mantan kepala MTsN-1 Kota itu melakukan supervisi terhadap sejumlah guru di madrasah itu.

“Kita ingin melihat secara langsung media, kelengkapan dan persiapan pendukung dalam proses belajar mengajar di kelas,” ucapnya.

Dijelaskan Syamsuddin, supervisi yang dilakukan pengawas terdiri dari persiapan guru sebelum mengajar, saat proses belajar mengajar dan sesudah proses belajar mengajar di kelas.

“Apa yang kita amati ini bisa dijadikan referensi untuk memberikan tanggapan dan saran agar pada proses belajar mengajar selanjutnya lebih baik,” ucapnya.

Dikatakan, dengan adanya supervisi, para guru diharapkan dapat merubah tradisi yang tidak memberi manfaat bagi siswa. Sebab hasil yang baik akan diperoleh dari persiapan yang baik pula.

“Mari kita bersama-sama menjalankan tugas masing-masing dengan baik dan penuh tanggungjawab, insya Allah madrasah akan lebih baik dan lebih maju,” ucapnya.

Sementara Kepala MTsN-1 Kota, Rita Sukaesih mengatakan, tenaga pendidik di madrasahnya sebagian besar memiliki kualifikasi pendidikan S-2, baik itu guru umum maupun maupun agama.

“Alhamdulillah  hampir semua guru dan tenaga kependidikan disini sudah pernah mengikuti berbagai diklat, pelatihan baik lokal maupun tingkat nasional,” ucapnya.

Dikatakan Rita, pihaknya akan terus melakukan inovasi dalam banyak hal utamanya proses belajar mengajar yang menyenangkan sehingga pretasi siswa akan terus meningkat.

“Kita upayakan terus lakukan supervisi agar guru selain mengajar dengan benar sesuai ketentuan juga kreatif dan inovatif. Supervisi atau kunjungan kita lakukan baik oleh pengawas, kepala sekolah maupun teman sejawat. Dari masukan, kritikan, saran dari rekan guru akan memberikan pengalaman dan pengetahuan yang semakin baik,” ucapnya. (*)