Litbang Kemenag Teliti Keberagamaan Mahasiswa di Kalteng

Foto untuk : Litbang Kemenag Teliti Keberagamaan Mahasiswa di Kalteng

Palangka Raya (Inmas) Empat orang peneliti dari Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang melakukan penelitian keberagamaan mahasiswa di Provinsi Kalimantan Tengah.

Penelitian yang diketuai AM Wibowo itu, dilakukan di dua perguruan tinggi besar di Bumi Tambun Bungai, yaitu Universitas Palangka Raya (UPR) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, mulai Rabu (14/2) pagi.

“Penelitian ini kita lakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana keberagamaan mahasiswa di Kalteng dalam konstelasi kebangsaan. Karena itu kita akan mencoba diskusi dengan beberapa pengurus organisasi kemahasiswaan seperti PMII, HMI, Kammi, LDK dan lainnya,” ucap AM Wibowo.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga akan melakukan diskusi dengan beberapa pejabat di kedua perguruan tinggi tersebut, utamanya yang membina organisasi kemahasiswaan.

Sebelum turun lapangan, tim peneliti Balitbang Semarang itu menemui Plt Kabag TU, Ediyanto diruang kerjanya. Ediyanto mengaku sangat mendukung penelitian itu. “Kami sangat mendukung penelitian ini, agar kita tahu bagaimana keberagamaan mahasiswa kita. Ini perlu agar tidak ada ideologi-ideologi menyimpang dari mainstrem yang berkembang di kalangan mereka,” ucapnya. (rf)