Kakanwil Dukung Syiar Islam Lasqi

Foto untuk : Kakanwil Dukung Syiar Islam Lasqi

Palangka Raya (Inmas) Kementerian Agama mendukung kegiatan-kegiatan syiar Islam yang dilaksanakan Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota se-Kalteng.

Hal itu ditegaskan Kepala Kanwil Kemenag Kalteng, H Masrawan saat membuka Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) Lasqi Provinsi Kalteng di aula Asrama Haji Al-Mabrur Palangka Raya, Senin (12/2) malam.

Dikatakan H. Masrawan, Lasqi melalui kegiatan festival seni qasidah (FSQ) telah menyuguhkan syiar Islam dengan nuansa berbeda yaitu dengan pendekatan seni dan budaya. Sehingga syiar Islam tidak lagi monoton.

“Dengan pendekatan seni budaya, syiar Islam menjadi lebih menarik perhatian umat. Karena itu, pesan saya terus laksanakan program-program Lasqi dengan baik dan jaga substansinya yaitu mengajak umat untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan,” ucapnya.

Dihadapan para peserta Rapim, H Masrawan menegaskan akan mendukung setiap kegiatan Lasqi baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi di Bumi tambun Bungai ini.

“Salah satu bentuk dukungan kita, kita akan terus berupaya menghadiri setiap kegiatan Lasqi di tingkat provinsi. Untuk kabupaten/kota, tentu kita akan meminta kemenag kabupaten/kota yang hadir,” ucapnya.

Selain itu, lanjut H Masrawan, Kemenag juga akan terus mengupayakan bantuan anggaran yang signifikan kepada Lasqi melalui sumber APBN di Kementerian Agama.

Sementara Ketua DPW Lasqi Kalteng, Tutut Sholihah dalam sambutan mengatakan, Rapimwil dilakukan untuk membahas sejumlah persoalan urgen terkait rencana pelaksanaan FSQ tingkat provinsi ke 7 yang akan dilaksanakan di Kota Nanga Bulik Kabupaten Lamandau pada Juli 2018 mendatang.

Selain itu Rapimwil juga digelar untuk mengkoordinasikan rencana Kalteng menjadi tuan rumah FSQ tingkat nasional pada tahun 2019 mendatang.

“Kita bahas jauh-jauh hari agar pelaksanaan FSQ tingkat nasional di Bumi tambun Bungai ini bisa menjadi barometer pagelaran FSQ bagi provinsi-provinsi lain. Karena itu kesiapan kita harus betul-betul matang. Tidak hanya sukses penyelenggaraan dan pelaporan, namun juga sukses perstasi,” ucapnya.

Ketua panitia Rosi Mahfud melaporkan Rapimwil dilaksanakan dua hari mulai tanggal 12-13 februari 2018, diikuti sekitar 40 peserta terdiri dari pengurus DPW Lasqi dan perwakilan pengurus DPD Lasqi dari 14 kabupaten/kota se-Kalteng. (rf)