Jumat, 21 April 2017, 16:53

Serapan Anggaran Bimas Hindu Tertinggi di Triwulan Pertama

Evaluasi serapan anggaran triwulan pertama tahun anggaran 2017 digelar di aula Kantor Kemenag Gunung Mas,Kamis (20/4).

Kuala Kurun (Inmas) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunung Mas pada Kamis kemarin (20/4) menggelar evaluasi penyerapan anggaran triwulan pertama 2017. Rapat evaluasi dipimpin oleh Plt. Kakankemenag Taupik dan Kasubbag Tata Usaha M. Jaini.

Hasilnya, diketahui bahwa serapan anggaran Bimas Hindu tertinggi pertama pada periode Januari-Maret ini. Sedangkan serapan anggaran terendah dialami oleh Bimas Islam dan Bimas Kristen.

"Serapan anggaran pada Bimas Islam masih rendah karena belum ada pembayaran dana untuk pembangunan balai nikah dan manasik yang didanai dengan SBSN. Sedangkan pada Bimas Kristen karena belum ada pencairan sertifikasi guru agama Kristen," jelas Kasubbag Tata Usaha M. Jaini.

Menanggapi rendahnya serapan anggaran di Seksi Bimas Kristen, Herelline selaku Kepala Seksi menuturkan, pihaknya telah bertemu para guru untuk segera memproses berkas pencairan tunjangans sertifikasi. Apabila berkas belum lengkap, maka tunjangan sertifikasi belum akan dicairkan.

"Kami memang sepakat bahwa seluruh berkas guru harus lengkap semuanya, agar operator keuangan dan bendahara tidak bolak-balik mengurus tunjangan sertifikasi," jelas Herelline, seraya menambahkan, masih terdapat satu guru agama Kristen yang belum mengumpulkan berkas tunjangan sertifikasi.

Plt. Kakankemenag Taupik berharap rapat evaluasi serapan anggaran itu bisa menginventarisir kendala dan progress capaian penyerapan anggaran. Untuk mendorong optimalisasi serapan anggaran, evaluasi per triwulan akan selalu dilakukan di Kankemenag Gunung Mas.

"Evaluasi seperti ini sangat penting agar permasalahan dan kenadala yang dihadapi bisa didapatkan solusinya sehingga serapan anggaran tahun ini akan maksimal," sebut Taupik. (Huda)

Berita Lainnya
Selasa, 25 April 2017, 12:21

Meriahkan Hari Kartini, DWP Sukamara Ikuti Lomba

Jumat, 21 April 2017, 20:59

FKUB Gunung Mas Prioritaskan Pembinaan ke Kecamatan

Jumat, 21 April 2017, 19:27

Lagi, MB Ketapang Juara Umum MTQ Kabupaten Kotim

Jumat, 21 April 2017, 19:23

Ini Pesan H. Samsudin untuk Siswa Magang di Kemenag

Jumat, 21 April 2017, 16:35

H. Abdurrahman, Tinjau UAMBN di MTsN Tamiang Layang