Kantor Kementerian Agama
Kabupaten Barito Timur



  LIHAT VERSI CETAK

Diunggah hari Senin tanggal 15-02-2021 15:25:25 WIB

Sosialisasi dan Aktivasi Aplikasi Smarttendik bagi Guru PAI dan Pengawas PAI



Tamiang Layang (Humas)-  KKG dan MGMP PAI Kabupaten Barito Timur melaksanakan sosialisasi dan Aktivasi Aplikasi Smarttendik bagi Guru PAI dan Pengawas PAI di aula SMPN 1 Dusun Tengah, Selasa (9/2)  beberapa waktu lalu.
Diikuti oleh 3 orang Pengawas PAI,  20 orang Guru PAI SD, 17 orang Guru PAI SMP 

Narasumber kegiatan Drs. Aspahani, M.Pd mengatakan, manfaat Aplikasi Smarttendik bagi Guru dan Pengawas PAI untuk menunjang keberhasilan pembelajaran. Peserta  diharapkan mengetahui, memahami dan trampil dalam menggunakan aplikasi  Smarttendik.

"Memudahkan guru dalam menyiapkan administrasi pembelajaran. Guru bisa berbagi melalui fitur upload jika ingin share administrasi dengan guru lainya. Terdapat modul digital sebagai bahan rujukan guru dan siwa dalam pelaksanaan proses pembelajaran," ujarnya.

Selain itu, guru bisa melakukan PKB (pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya, baik dalam pengembangan diri, publikasi ilmiah ataupun karya inovatif. Terintegrasi dengan pengawas PAI untuk melakukan pembinaan, pemantauan SNP PAI, Penilaian Kinerja, serta bimbingan pelatihan profesionalisme guru PAI.

Hal lainnya mengenai Aplikasi Smarttendik, Aspahani menjelaskan, karena terintegrasi antara PKG (formatif dan sumatif) serta outputnya menjadi rekomendasi PKB GPAI, dan PKG Sumatif sebagai dasar penetapan AK/ dan P2KPNS. Bisa berbagi kreatifitas melalui upload/sharing karya pada semua modul pembelajaran dan penunjang. Fitur share semua file data berupa link youtube, video, voice, text. Tersedia Jurnal ilmiah sebagai wadah publikasi hasil penelitian Tindakan Kelas dan penelitian lainya.

"Terdapat E-Class PAI sebagai learning manajemen sistem (LMS) dalam proses pembelajaran PAI dengan mengintegrasikan peran serta orang tua murid dalam penilaian sikap spiritual dan sosial siswa. Tersedia fitur sertifikat digital praktik ibadah untuk siswa.Terdapat kartu AnggotaFKG, KKG/MGMP digital", pungkasnya (Setiawan)



Berita Populer




Berita Terkait




Telah Dibaca 388 kali,
Bagikan Halaman Ini