Layanan Pengadaan

Foto untuk : Layanan Pengadaan

e-PROCUREMENT
e-Procurement adalah proses pengadaan barang/jasa pemerintah yang pelaksanaannya dilakukan secara elektronik dan berbasis web/internet dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi dalam proses pengadaan barang/jasa secara elektronik yang diselenggarakan oleh Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

LATAR BELAKANG
Tuntutan masyarakat dalam memperoleh informasi seluas-luasnya mengenai pengadaan barang/jasa pemerintah;
Penyelenggaraan pemerintah yang baik dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

TUJUAN
Untuk menciptakan transparansi, efisiensi dan efektivitas serta akuntabilitas dalam pengadaan barang/jasa melalui media elektronik antara panitia dan penyedia barang/jasa.

MANFAAT

  1. Mengurangi kontak fisik yang dapat menimbulkan resiko KKN baik antar Penyedia maupun antar Penyedia dan Panitia;
  2. Membuat proses interaksi antara pengguna sistem dan penyedia barang/jasa serta masyarakat menjadi lebih mudah dan cepat;
  3. Menghemat biaya operasional pengadaan baik dari sisi Panitia maupun Penyedia;
  4. Meningkatkan kontrol terhadap berbagai penyimpanan;
  5. Mempermudah pelaksanaan audit proses pengadaan barang/jasa.

APA ITU LPSE
Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) adalah suatu unit yang melayani proses pengadaan barang/jasa yang dilaksanakan secara elektronik pada instansi, Kementerian/Lembaga pemerintah.

APA SAJA LAYANAN LPSE

  1. Menyediakan layanan e-Procurement bagi Panitia dan Penyedia;
  2. Menyediakan akses layanan e-Procurement melalui website;
  3. Menyediakan fasilitas bidding room untuk mempermudah proses e-Procurement;
  4. Pelayanan informasi mengenai e-Procurement melalui servicedesk/helpdesk;
  5. Jasa pelatihan aplikasi e-Procurement;
  6. Kerjasama dengan Kementerian/Lembaga lainnya.

 

PROSES PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK

  1. Pengumuman lelang oleh Panitia;
  2. Upload dokumen lelang oleh Panitia;
  3. Download dokumen oleh Panitia;
  4. Penjelasan dokumen lelang;
  5. Pemasukkan/upload dokumen penawaran oleh Penyedia;
  6. Download dokumen penawaran oleh panitia;
  7. Penetapan dan pengumuman pemenang;
  8. Sanggahan kepada Panitia.

SYARAT PENDAFTARAN PENYEDIA BARANG/JASA

  1. Melakukan pendaftaran secara online pada portal LPSE atau mendatangi langsung dengan membawa dokumen kelengkapan :
  2. Formulir pendaftaran (form penyedia);
  3. Surat penunjukkan Admin dan Fc. KTP Admin;
  4. Surat kuasa;
  5. Formulir keikutsertaan;
  6. Fotocopy KTP Direksi/pemilik perusahaan/pejabat yang berwenang;
  7. NPWP asli dan fotocopy;
  8. Surat Ijin Usaha Perusahaan (SIUP)/Surat Ijin Jasa Konstruksi (SIUJK) asli dan fotocopy;
  9. Tanda Daftar Perusahaan asli dan fotocopy;
  10. Akta pendirian asli dan fotocopy;
  11. Surat keterangan domisili asli dan fotocopy;
  12. Surat keterangan fiskal tahun terakhir atau surat pajak tahunan (SPT), Pajak Penghasilan (PPH) tahun terakhir;
  13. Surat Setoran Pajak (SSP) PPH Pasal 25, selama 3 bulan terakhir.