Gubernur Lepas Pawai Ta'aruf STQ XXI Kalteng

Foto untuk : Gubernur Lepas Pawai Ta'aruf STQ XXI Kalteng

Puruk Cahu (Inmas) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran secara langsung melepas Pawai Ta’aruf STQ XXI tingkat Provinsi Kalteng di Kota Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya (Mura), Sabtu (13/5) pagi. Tampak hadir pada acara itu Kakanwil Kemenag Kalteng H Abdul halim H Ahmad.

Gubernur Sugianto Sabran dalam sambutannya menyampaikan kegiatan STQ ini sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kalteng, khususnya umat muslim. Oleh sebab itu, Gubernur berharap seluruh peserta STQ dan masyarakat Kalteng dapat memaknai kegiatan ini dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sementara Ketua Umum STQ yang juga Bupati Mura Perdie M Yoseph dalam laporannya mengajak seluruh kafilah dari Kabupaten/Kota se-Kalteng yang ikut ambil bagian dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya. Ia mengharapkan seluruh dewan juri agar dapat melakukan tugasnya dengan baik dan benar, sehingga siapapun yang menjadi juara memang benar-benar yang terbaik.

Selanjutnya Ketua Harian STQ Tingkat Provinsi Kalteng, Pujo Sarwono dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan pawai taruf tahun ini sengaja dilakukan pada pagi hari, agar seluruh kafilah yang ikut dari 14 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalteng dapat hadir pada pembukaan STQ malam harinya. "Kami sengaja melaksanakan pawai taruf pagi hari. Mengingat kalau sore hari ditakutkan kafilah tidak sempat mengikuti acara pembukaan malam," ucap nya.

Pawai taaruf diwarnai dengan insiden pingsannya sejumlah peserta pawai taruf yang berjalan kaki lantaran jarak yang ditempuh cukup jauh yakni sekitar 3 km. Setelah pawai ta'aruf malamnya dilaksanakan upacara pembukaan STQ di Stadion Willy M Yoseph. Sebelumnya dilakukan beberapa rangkaian acara meliputi penyambutan kafillah, orientasi Dewan hakim, malam taaruf, pawai taaruf, Techical Meeting, pelantikan Dewan hakim, pembukaan pameran dan pasar rakyat.

Sementara malam pembukaan STQ dimeriahkan group band papan atas asal Ibu Kota Jakarta, Gigi Band dengan vokalisnya Arman Maulana. STQ XXI tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dengan tema "Aktualisasi nilai-nilai Al Qur'an dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menuju Kalteng Berkah" dan sub tema "Dengan STQ XXI Provinsi Kalteng tahun 2017 kita mantapkan generasi Qur'ani yang bertaqwa dan menjunjung tinggi toleransi" dilaksanakan 10 - 18 Mei 2017 yang berlangsung di Puruk Cahu ibukota Kabupaten Murung Raya. (ES)