Gubernur Akan Umrahkan Dewan Hakim dan Juara STQ

Foto untuk : Gubernur Akan Umrahkan Dewan Hakim dan Juara STQ

Puruk Cahu (Inmas) Membuka penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) XXI tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2017 di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mengatakan akan memberangkatkan ibadah umrah 100 orang Dewan Hakim dan 50 orang juara semua cabang lomba STQ.

Pembukaan STQ ditandai dengan pemukulan beduk oleh Gubernur Sugianto Sabran, didampingi seluruh Bupati/Walikota se-Kalteng, Kakanwil Kemenag Kalteng H Abdul Halim H Ahmad, Ketua LPTQ Provinsi Kalteng H Mukhtar dan Ketua Panitia STQ Kalteng Perdie M Yoseph, Sabtu (13/05) di Studion Willy M. Yosep.

Tampak hadir dalam acara pembukaan, anggota DPRD, Bupati/Walikota se Kalteng, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, semua Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se kalteng, pimpinan Ormas Islam, tokoh agama, kafilah dan pengurus LPTQ Kab/Kota se Kalteng.

Dalam kesempatan itu Kakanwil Kemenag Kalteng H Abdul Halim memberikan sambutan. H Abdul Halim mengatakan STQ tidak hanya untuk menumbuhkan kecintaan terhadap Al Qur'an tetapi juga merupakan salah satu upaya membumikan nilai-nilai Al Qur'an dalam kehidupan bermasyarakat ditengah derasnya arus moderenitas yang kian mengikis sendi-sendi nilai kegamaan dan kebudayaan lokal.

"Mari kita jadikan momentum STQ ini untuk menumbuhkan semangat membaca Qur'an, memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari," ucap Kakanwil. Karena Al Qur'an bukanlah bacaan biasa namun adalah wahyu Allah yang diturunkan sebagai pedoman hidup manusia dalam meniti jalan yang lurus, tambah nya.

Sementara Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Prov. Kalimatan Tengah H Mukhtar mengatakan LPTQ sebagai lembaga yang bertanggungjawab dalam pengembangan, pembinaan dan penghayatan nilai-nilai Quran berupaya mencetak qori dan qoriah, hafiedz dan hafiedzah dari putra daerah melalui pelaksanaan STQ.

Melalui STQ, LPTQ akan menjaring para Qori yang akan mewakili Kalteng bersaing di tingkat Nasional maupun Internasional, ujar nya. Bagi para juara nantinya akan dibina sehingga semakin berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Ia yakin Provinsi Kalimantan Tengah punya banyak potensi karena banyak memiliki pondok pesantren, sekolah agama, guru ngaji dan pelatih serta tokoh-tokoh agama yang memahami baca tulis Al Quran.

Acara pembukaan dipadati ribuan warga Puruk Cahu mulai pukul 19.00, pasalnya acara itu dimeriahkan penampilan drum band dari almamater Bupati Perdia yakni IPDN Jati Nangor, tari kolosal dan konser band ibukota yakni Gigi band.

STQ XXI tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dengan tema "Aktualisasi nilai-nilai Al Qur'an dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menuju Kalteng Berkah" dan sub tema "Dengan STQ XXI Provinsi Kalteng tahun 2017 kita mantapkan generasi Qur'ani yang bertaqwa dan menjunjung tinggi toleransi" dilaksanakan 10 - 18 Mei 2017 yang berlangsung di Puruk Cahu ibukota Kabupaten Murung Raya. (ES)