Hebat, PPMN 3 Pecahkan Rekor Muri Pelangsir Talibun Terbanyak

Foto untuk : Hebat, PPMN 3 Pecahkan Rekor Muri Pelangsir Talibun Terbanyak

Koba (Inmas) Pembukaan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) III di Buper Selawang Segantang Koba, Bangka Tengah, Babel, Selasa (16/05) menjadi momen bersejarah pemecahan rekor Muri gebyar pantun melayu talibun dengan pelansir terbanyak, yakni 2000 pelansir dari peserta PPMN III.

Prosesi gebyar talibun itu dilakukan usai upacara pembukaan PPMN III 2017 yang diawali dengan konfigurasi kolosal Pramuka madrasah terdiri dari 20 orang Pramuka pembawa bendera merah putih, bendera tunas kelapa, bendera WOSM dan 20 orang pembawa bendera PPMN III. Para pembawa bendera itu memasuki arena dengan posisi berbanjar dan diiringi track lagu "Merah Putih" milik band Coklat serta mars Jayalah Pramuka Madrasah dilanjutkan dengan 30 pelansir utama yang juga memasuki arena utama tepat di depan panggung utama tempat Menteri Agama dan tamu VIP berada.

Talibun berjudul "Ikrar salam pramuka madrasah" yang pertama dibacakan Menag LHS berbunyi "Asslamu'alaikum adindaku Pramuka madrasah se Indonesia. Haturku padamu selamat datang di Koba Bangka Tengah. Ukir sejarahmu di perkemahan pramuka madrasah nasional tiga ini. Mentari dan rembulan laksana sahabatmu di titian cakrawala. Hujan gerimis dan balut malam iringi tabah tanpa keluh kesah".

Talibun kedua dibacakan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rahman, dilanjutkan Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI Kamaruddin Amin. Setiap akhir talibun akan diucapkan ikrar "Salam, salam, salam, Pramuka madrasah cinta NKRI" secara bersama-sama. Dengan begitu tercapailah rekor Muri pelansir talibun terbanyak karena seluruh yang hadir pada acara itu ikut mengucapkan ikrar tersebut.

Talibun 6 baris (3 bait sampiran 3 bait isi) karya H Mardhani Zuhri yang dibawakan Menag dan Dirjen Pendis itu dilanjutkan dengan pembacaan 10 talibun oleh 30 pelansir utama. Talibun atau pantun 6 baris sampai dengan 12 baris adalah seni tutur Bumi Serumpun Sebalai Bangka Belitung. Para pembacanya disebut dengan Pelansir.

Sebagai bukti telah memecahkan rekor Muri, Menag LHS, Gubernur Babel dan pemrakarsanya Mardani Zuhri menerima piagam rekor Muri dari Museum Muri Indonesia pada akhir prosesi pembacaan talibun. (ISP)